EFEKTIVITAS PELAKSANAAN STANDAR PROSES DALAM KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA SE�KECAMATAN KOTA TAMBOLAKA DAN LOURA KABUPATEN SUMBA BARAT DAYA

BILI, MONIKA (2022) EFEKTIVITAS PELAKSANAAN STANDAR PROSES DALAM KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA SE�KECAMATAN KOTA TAMBOLAKA DAN LOURA KABUPATEN SUMBA BARAT DAYA. Other thesis, STKIP Weetebula.

[img] Text
COVER.pdf

Download (101kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB)
[img] Text
SKRIPSI KOMPLIT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

EFEKTIVITAS PELAKSANAAN STANDAR PROSES DALAM KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA SE�KECAMATAN KOTA TAMBOLAKA DAN LOURA KABUPATEN SUMBA BARAT DAYA (Monika Bili, Melkianus Suluh, Oktavianus Deke) ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui 1) bentuk pelaksanaan pelaksanaan proses pembelajaran, 2) kendala utama dalam proses pembelajaran, 3) daya serap peserta didik, 4) pandangan guru terhadap pelaksanaan proses pembelajaran, 5) hubungan pengalaman mengajar dengan kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, dan 6) kesesuaian perencanaan proses pembelajaran dengan pelaksanaannya dalam proses pembelajaran. Penelitian tersebut merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel penelitian yang digunakan adalah guru-guru fisika yang mengajar di SMA sebanyak 11 orang yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument wawancara, angket, dokumentasi dan observasi. Adapun hasil penelitian adalah 1). Guru-guru fisika selalu mempersiapkan perencanaan pembelajaran, 2) Masih terdapat beberapa kendala yang dialami guru baik dalam merencanakan maupun melaksanakan proses pembelajaran, diantaranya kurangnya buku sumber, fasilitas yang kurang memadai, kesulitas mengusai model pembelajaran, kemampuan siswa masih rendah, minat belajar siswa juga rendah, 3) Daya serap peserta didik tergantung pada materi yang disampaikan. Artinya bahwa jikamateri yang disampaikan oleh guru mudah maka siswa juga mudah memahami demikian sebaliknya jika materi yang disampaikan guru sulit maka semakin sulit juga siswa memahami materi tersebut. 4) Pandangan guru terhadap pelaksanaan proses pembelajaran sangat baik, 5) Tidak ada pengaruh yang signifikan antara pengalama mengajar dengan kemampuan guru dalam merencanakan maupun melaksanakan proses pembelajaran, 6) Perencanaan proses pembelajaran belum sepenuhnya sesuai dengan pelaksanaannya dalam proses pembelajaran. Berdasarkan penjabaran diatas, maka dapat disimpulkan bahwa bentuk pelaksanaan pembelajaran di SMA se�Kecamatan Kota Tambolaka dilakukan dengan baik dengan mempersiapkan rencana pembelajaran, masih terdapat kendala baik dalam merencakana maupun melaksanakan pembelajaran, daya serap peserta didik tergantung pada tingkat kemudahan materi, guru memiliki pandangan yang sangat baik terhadap pelaksanaan pembelajaran, pengalaman mengajar tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perencanaan maupun pelaksanaan pembelajaran, serta perencanaan proses pembelajaran yang belum sepenuhnya sesuai dengan pelaksanaannya di dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Kata kunci: Pelaksanaan Proses Pembelajaran, Kurikulum 2013, Pembelajaran Fisika SMA

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: User Lukas Nani Seingo
Date Deposited: 11 May 2022 02:09
Last Modified: 11 May 2022 02:09
URI: http://repository.unika-weetebula.ac.id/id/eprint/65

Actions (login required)

View Item View Item