Malipa Martha, Yasinta (2022) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADAPENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA (STUDI LITERATUR). Other thesis, STKIP Weetebula.
There is a more recent version of this item available. |
Text
COVER.pdf Download (106kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (90kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (168kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (84kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (96kB) |
|
Text
SKRIPSI KOMPLIT.pdf Restricted to Repository staff only Download (882kB) |
Abstract
ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA Yasinta M. Malipa1, Yohanis U. Kaleka2, Melkianus Suluh3 yasintamalipa96@gmail.com, yohanumbu07@gmail.com, smelkieinstein@gmail.com ABSTRAK Masa depan suatu bangsa sangat bergantung pada mutu sumber daya manusia dalam menguasai ilmu pendidikan dan teknologi. Pendidikan sangatlah penting dalam kemajuan suatu bangsa agar tidak tertinggal dari bangsa lain. Kualitas pendidikan di Indonesia dapat dikatakan masih rendah. Hal ini diketahui dari hasil studi PISA (Programme Of Student Assesment) tahun 2018 indonesia berada pada peringkat 70 dari 78 negara dan hasil TIMSS (Trends In Mathematics and Science Study) tahun 2015 indonesia menempati peringkat 44 dari 47 negara pada mata pelajaran sains. Data tersebut menunjukkan rendahnya pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran sains khususnya fisika. Salah satu upaya untuk mengatasinya dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi model pembelajaran inkuiri terbimbing pada peningkatan pemahaman konsep fisika siswa. Jenis penelitian ini adalah studi pustaka. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 7 artikel dari jurnal dan 4 buku. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Teknik analisis data digunakan dengan cara mengumpulkan dan membaca data sekunder, mencatat hal-hal penting dan relevan, mengelompokkan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dari kajian literatur di atas menunjukan bahwa pemahaman konsep fisika siswa meningkat dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Pemahaman konsep
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | User Lukas Nani Seingo |
Date Deposited: | 11 May 2022 02:09 |
Last Modified: | 11 May 2022 02:10 |
URI: | http://repository.unika-weetebula.ac.id/id/eprint/74 |
Available Versions of this Item
-
ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING
PADAPENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA
(STUDI LITERATUR). (deposited 11 May 2022 02:09)
- ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADAPENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA (STUDI LITERATUR). (deposited 11 May 2022 02:09) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |