PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING PADA MATERI HIMPUNAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII C SMP KATOLIK PALLA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Ngongo, Victorias (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING PADA MATERI HIMPUNAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII C SMP KATOLIK PALLA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, STKIP Weetebula.

[img] Text
COVER.pdf

Download (26kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (10kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)
[img] Text
SKRIPSI COMPLETE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING PADA MATERI HIMPUNAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII C SMP KATOLIK PALLA TAHUN PELAJARAN 2017/2018” Pokok Permasalahan dalam penulisan ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII C SMP Katolik Palla pada materi himpunan melalui penerapan model pembelajaran Problem Posing. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII C SMP Katolik Palla melalui penerapan model pembelajaran Problem Posing. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) yang terdiri dari lima rangkaian kegiatan utama yang ada pada setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi, dan evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Untuk aktivitas siswa pada siklus I adalah 69,23 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 86,54. Tingkat kemampuan guru dalam megelolah kegiatan pembelajaran pada siklus I adalah 73,15 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 81,48. Hasil belajar siswa pada siklus I adalah 62,28 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 85,00 sedangkan ketuntasan klasikal pada siklus adalah 62,50 % dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 90,62 %. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh peneliti dapat menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Posing dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Posing, Hasil Belajar, Himpunan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Petrus Lende
Date Deposited: 06 Dec 2021 02:01
Last Modified: 06 Dec 2021 02:01
URI: http://repository.unika-weetebula.ac.id/id/eprint/48

Actions (login required)

View Item View Item