MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PANAS DAN PERPINDAHANNYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DI KELAS V SDK WEEPANGALI TAHUN AJARAN 2019/2020

LANGO, ADRIANUS L. R (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PANAS DAN PERPINDAHANNYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DI KELAS V SDK WEEPANGALI TAHUN AJARAN 2019/2020. undergraduate thesis, UNIVERSITAS KATOLIK WEETEBULA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi atas nama Adrianus L. R. Lango, Nim 83821501003, pembimbing I Ferdinandus Bele Sole, M. Pd, dan Pembimbing II Samahatud Duriyyah,S.Pd M.T, dengan judul Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Panas dan Perpindahannya Dengan Menggunakan Metode Eksperimen di Kelas V SDK Weepangali Tahun Ajaran 2019-2020. Rumusan masalah adalah bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi panas dan perpindahannya dengan menggunakan metode eksperimen di kelas v SDK Weepangali. Tujuan diadakan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi panas dan perpindahannya dengan menggunakan metode eksperimen di kelas v SDK Weepangali. Lokasi penelitian SDK Weepangali dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 28 orang yang terdiri dari 18 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Prosedur penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Untuk memperoleh data peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan teknik observasi yang terdiri dari observasi aktivitas siswa dan observasi aktivitas guru serta menggunakan teknik tes unjuk kerja. Analisis data dalam penelitian dengan menggunakan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan metode eksperimen di kelas v SDK Weepangali dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi panas dan perpindahannya. Peningkatan panas dan perpindahannya pada mata pelajaran IPA dapat dilihat dalam indikator yaitu menjelaskan panas dan perpindahannya. Pada siklus I peneliti belum berhasil meningkatkan hasil belajar siswa pada materi panas dan perpindahannya dengan menggunakan metode eksperimen karena ketuntasan siswa secara klasikal 21,42% dimana hanya 6 orang siswa yang mencapai KKM yaitu 62 sementara 22 siswa tidak mencapai KKM. Pada siklus II peneliti berhasil meningkatkan hasil belajar siswa materi panas dan perpindahannyadengan menggunakan metode eksperimen karena ketuntasan klasikal 92,85% dimana 26 orang siswa mencapai KKM sementara 2 orang siswa tidak mencapai KKM. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi panas dan perpindahannya.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Editor Oskar Ndena Ngaba
Date Deposited: 02 Dec 2024 02:04
Last Modified: 02 Dec 2024 02:20
URI: http://repository.unika-weetebula.ac.id/id/eprint/86

Actions (login required)

View Item View Item