ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADAPENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA (STUDI LITERATUR)

Malipa Martha, Yasinta (2022) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADAPENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA (STUDI LITERATUR). Other thesis, STKIP Weetebula.

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (106kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (84kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB)
[img] Text
SKRIPSI KOMPLIT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (882kB)

Abstract

ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA Yasinta M. Malipa1, Yohanis U. Kaleka2, Melkianus Suluh3 yasintamalipa96@gmail.com, yohanumbu07@gmail.com, smelkieinstein@gmail.com ABSTRAK Masa depan suatu bangsa sangat bergantung pada mutu sumber daya manusia dalam menguasai ilmu pendidikan dan teknologi. Pendidikan sangatlah penting dalam kemajuan suatu bangsa agar tidak tertinggal dari bangsa lain. Kualitas pendidikan di Indonesia dapat dikatakan masih rendah. Hal ini diketahui dari hasil studi PISA (Programme Of Student Assesment) tahun 2018 indonesia berada pada peringkat 70 dari 78 negara dan hasil TIMSS (Trends In Mathematics and Science Study) tahun 2015 indonesia menempati peringkat 44 dari 47 negara pada mata pelajaran sains. Data tersebut menunjukkan rendahnya pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran sains khususnya fisika. Salah satu upaya untuk mengatasinya dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi model pembelajaran inkuiri terbimbing pada peningkatan pemahaman konsep fisika siswa. Jenis penelitian ini adalah studi pustaka. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 7 artikel dari jurnal dan 4 buku. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Teknik analisis data digunakan dengan cara mengumpulkan dan membaca data sekunder, mencatat hal-hal penting dan relevan, mengelompokkan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dari kajian literatur di atas menunjukan bahwa pemahaman konsep fisika siswa meningkat dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Pemahaman konsep

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: User Lukas Nani Seingo
Date Deposited: 11 May 2022 02:11
Last Modified: 11 May 2022 02:11
URI: http://repository.unika-weetebula.ac.id/id/eprint/75

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item