ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

NGARA DAPPA, MICHAEL (2022) ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Other thesis, STKIP Weetebula.

[img] Text
COVER.pdf

Download (25kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[img] Text
SKRIPSI KOMPLIT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Media pembelajaran berupa gambar merupakan alat bantu yang dapat digunakan guru dalam proses pembelajaran dengan tujuan untuk membentuk pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik. Sehingga peran dari seorang guru yang memiliki keahlian, ketepatan dan kemampuan dalam penggunaan media tersebut sangat berpengaruh pada terbentuknya hasil belajar pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media gambar visual untuk meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah dasar. Jenis penilitian ini adalah Non PTK atau penelitian studi pustaka yang dilakukan dengan mengkaji artikel atau skripsi. Subjek penelitian yaitu siswa sekolah dasar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan alur, yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan tahap verifikasi. Hasil penelitian strategi guru dalam menggunakan media gambar dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar yakni; menyesuaikan materi dengan gambar yang akan digunakan, merancang media gambar yang akan digunakan mengingat keterbatasan media gambar visual, menyusun langkah-langkah dalam menggunakan media gambar visual, menyesuaikan langkah-langkah pembelajaran berdasarkan RPP, referensi dan tujuan pembelajaran yang telah disusun sebelumnya. Berdasarkan hasil kajian di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: User Lukas Nani Seingo
Date Deposited: 11 May 2022 02:09
Last Modified: 11 May 2022 02:09
URI: http://repository.unika-weetebula.ac.id/id/eprint/68

Actions (login required)

View Item View Item