ANALISIS LEVEL KEMAMPUAN MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERTIPE PISA DI SMPK ST. ALOYSIUS WEETEBULA TAHUN 2020-2021

Dapa, Yubliana jeni (2022) ANALISIS LEVEL KEMAMPUAN MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERTIPE PISA DI SMPK ST. ALOYSIUS WEETEBULA TAHUN 2020-2021. Other thesis, STKIP Weetebula.

[img] Text
COVER.pdf

Download (23kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (116kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB)
[img] Text
SKRIPSI KOMPLIT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Yublina Jeni Dapa. 2021. Analisis Level Kemampuan Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Bertipe PISA Di SMPK St. Weetebula. Skripsi, prodi pendidikan matematika, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Weetebula. Pembimbing 1 Dekriati Ate,S.Si.,M.Pd, Pembimbing 2 Wihelmus Yape Kii, S.Pt.,M.Phil, MA. Email: jenidapa92@gmail.com. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui level kemampuan matematika peserta didik SMPK St. Aloysius Weetebula dalam menyelesaikan soal bertipe PISA. Metode penelitian yang digunakan adalah mix methods dengan bantuan metode eskplanatoris sequensial.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui level kemampuan matematika peserta didik SMP dalam menyelesaikan soal matematika bertipe PISA. Penelitian dilaksanakan di SMPK St. Aloysius Weetebula. Sumber data adalah peserta didik kelas IXA berjumlah 24 siswa dan metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih kurangnya level kemampuan matematika peserta didik dalam menyelesaikan soal PISA. Pada level 1 hanya terdapat 7 peserta didik yang dapat menjawab soal dengan benar. Pada level 2 hanya terdapat 5 peserta didik yang dapat menjawab soal dengan benar. Pada level 3 hanya terdapat 4 peserta didik yang dapat menjawab soal dengan benar tetapi kurang lengkap, pada level 4 hanya terdapat 2 peserta didik yang dapat menjawab soal berdasarkan pengetahuan yang dimiliki serta tidak benar tidak lengkap. Pada level 5 hanya terdapat 1 peserta didik yang dapat menjawab soal berdasarkan pengetahuan yang dimiliki serta tidak benar tidak lengkap. Sedangkan pada level 6 tidak ada peserta didik yang menjawab soal dengan benar. Hasil yang dicapai peserta didik pada enam level kemampuan matematika, yakni; level 1 dan level 2 memperoleh 51, 02% dengan kategori cukup, level 3 memperoleh 48, 97% dengan kategori cukup, level 4 memperoleh 36, 73% dengan katogori kurang, level 5 memperoleh 26, 53% dengan kategori kurang, dan level 6 memperoleh 12, 24% dengan kategori kurang sekali. Kata kunci: kemampuan peserta didik dalam meyelesaikan soal matematika PISA ditujuhkan dalam enam level kemampuan matematika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GA Mathematical geography. Cartography
H Social Sciences > HA Statistics
Divisions: S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: User Lukas Nani Seingo
Date Deposited: 11 May 2022 02:08
Last Modified: 11 May 2022 02:08
URI: http://repository.unika-weetebula.ac.id/id/eprint/58

Actions (login required)

View Item View Item