PENANGANAN SISWA DISGRAFIA TINGKAT SEKOLAH DASAR

Muri Ivon, Anjelina (2021) PENANGANAN SISWA DISGRAFIA TINGKAT SEKOLAH DASAR. Other thesis, STKIP Weetebula.

[img] Text
COVER.pdf

Download (50kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (126kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (128kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB)
[img] Text
SKRIPSI KOMPLIT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB)

Abstract

ABSTRAK Muri, Anjelina Ivon. 2021. “Penanganan Siswa Disgrafia Tingkat Sekolah Dasar”. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Weetebula. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanganan siswa disgrafia tingkat Sekolah Dasar berdasarkan kajian berbagai literatur. Jenis penelitian ini adalah studi literatur. Sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berasal dari jurnal, skripsi dan buku-buku yang berkaitan dengan judul. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pustaka (library research). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi atau content analysis. Analisis isi digunakan untuk mendapatkan referensi yang valid dan dapat diteliti ulang berdasarkan konteksnya. Dalam penelitian dilakukan proses memilih, membandingkan, menggabungkan, dan memilah berbagai pengertian hingga ditemukan yang relevan. Berdasarkan hasil kajian jurnal dan skripsi yang dilakukan oleh peneliti terdapat beberapa metode dan strategi yang digunakan oleh guru maupun orang tua untuk menangani siswa disgrafia. Adapun metode yang digunakan antara lain: metode abjad (Alphabet), VAKT (Visual, Auditory, Kinesthetic, and Tactile), multisensoris, Gillingham, dan Fernaid serta senam otak. Selain metode, guru dan orang tua menggunakan beberapa cara atau strategi. Adapun strategi atau cara yang digunakan yaitu: (a) selalu memberikan motivasi dan dorongan kepada anak agar semangat belajar menulis; (b) melakukan pendekatan secara individual kepada anak yang mengalami disgrafia untuk mengetahui keinginan anak; (c) melakukan bimbingan seperti les di akhir pembelajaran; (d) melakukan kerjasama antara sekolah dan orang tua untuk mengatasi kesulitan belajar menulis anak; (e) menggunakan media pembelajaran yang menarik; (f) menggunakan metode pembelajaran yang tepat untuk mengatasi kesulitan dalam hal menulis; (g) menggunakan sumber belajar yang tepat; dan (h) menggunakan aplikasi NULIS sebagai media pembelajaran. Secara keseluruhan, penggunaan metode dan strategi tersebut dapat membantu guru dan orang tua dalam menangani anak disgrafia. Kata kunci: disgrafia, penanganannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: User Lukas Nani Seingo
Date Deposited: 11 May 2022 02:07
Last Modified: 11 May 2022 02:07
URI: http://repository.unika-weetebula.ac.id/id/eprint/54

Actions (login required)

View Item View Item