PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIIA SMP KATOLIK PALLA PADA MATERI GARIS DAN SUDUT TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Adolf, Frumensius M.E (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIIA SMP KATOLIK PALLA PADA MATERI GARIS DAN SUDUT TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Masters thesis, STKIP Weetebula.

[img] Text
COVER.pdf

Download (26kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (10kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)
[img] Text
SKRIPSI COMPLETE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Frumensius M.E Adolf, (NIM: 8382130309), Tahun 2018, dengan judul: Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa materi Garis Dan Sudut di Kelas VIIA SMP Katolik Palla Tahun Pelajaran 2017/2018. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran Group Investigation untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi Garis Dan Sudut di kelas VIIA SMP Katolik Palla tahun pelajaran 2017/2018? . Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Garis Dan Sudut dengan menggunakan model pembelajaran group investigation di kelas VIIA SMP Katolik Palla tahun pelajaran 2017/2018. Manfaat penelitian ini secara umum di bagi dalam dua bagian yaitu manfaat teoritis dan manfaat praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan sampel penelitian siswa kelas VIIA SMP Katolik Palla yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi untuk aktivitas siswa dan teknik tes untuk mengetahui perkembangan siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif pada hasil observasi aktivitas siswa dan hasil tes siswa. Dari hasil analisis data diperoleh 1). Adanya peningkatan nilai aktivitas siswa dalam pelaksanaan pembelajaran pada siklus I yang termasuk dalam kategori cukup baik dengan nilai rata-rata 61, 53, pada siklus II termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 90, 38. 2). Adanya peningkatan hasil belajar siswa siklus I dengan perolehan rata-rata 76 dan perolehan secara klasikal 43% yang berada pada kategori tinggi, hasil belajar siswa siklus II dengan perolehan rata-rata 82 dan perolehan secara klasikal 93%. Dengan menggunakan model pembelajaran group investigation hasil belajar siswa meningkat dan model ini baik untuk diterapkan pada materi pokok Garis Dan Sudut di kelas VIIA SMP Katolik Palla . Kata Kunci:Meningkatkan, Group Investigation, Hasil Belajar Matematika, Garis Dan Sudut .

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Petrus Lende
Date Deposited: 08 Dec 2021 03:30
Last Modified: 08 Dec 2021 03:30
URI: http://repository.unika-weetebula.ac.id/id/eprint/51

Actions (login required)

View Item View Item