MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD MASEHI MATA MATERI UNSUR-UNSUR CERITA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT

Muri, Margaretha Lolo (2021) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD MASEHI MATA MATERI UNSUR-UNSUR CERITA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT. Masters thesis, STKIP Weetebula.

[img] Text
Cover.pdf

Download (25kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (143kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (161kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (83kB)
[img] Text
SKRIPSI KOMPLIT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi oleh Margaretha Lolo Muri dengan judul, “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Masehi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Unsur-Unsur Cerita Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script”. Permasalahan yang diambil dalam penelitian ini adalah bagaimana menerapkan model pembelajaran untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi unsur-unsur cerita?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Masehi Mata dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script pada materi unsur-unsur cerita pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian meliputi empat tahap, dimulai dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar siswa. Model pembelajaran yang digunakan adalah Cooperative Script. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script pada pelajaran Bahasa Indonesia materi unsur-unsur cerita pada siswa kelas V SD Masehi Mata, diperoleh hasil belajar siswa pada pra siklus 27,27% dan siklus I yaitu 54,54% dan dengan hasil tersebut dinyatakan belum berhasil karena belum mencapai Kriteria Ketuntasan Maksimal (75). Pelaksanaan siklus II, hasil tes siswa mengalami peningkatan 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran Cooperative script pada pelajaran Bahasa Indonesia materi unsur-unsur cerita maka hasil belajar siswa dapat meningkat. Kata kunci: Hasil belajar, Unsur-unsur cerita, Cooperative script.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
L Education > LT Textbooks
Divisions: S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: User Lukas Nani Seingo
Date Deposited: 08 Dec 2021 01:58
Last Modified: 08 Dec 2021 01:58
URI: http://repository.unika-weetebula.ac.id/id/eprint/49

Actions (login required)

View Item View Item