IMPLEMENTASI METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA

Bili, Kristoforus Dowa (2019) IMPLEMENTASI METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA. IMPLEMENTASI METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (44kB)
[img] Text
2_IMPLEMENTASI CIRC MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA.pdf

Download (272kB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VA SD Negeri Depok 1 kabupaten Sleman melalui implementasi metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Penelitian dilakukan di SD Negeri Depok 1 Kabupaten Sleman. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Negeri Depok 1 yang berjumlah 30 orang, dengan rincian 12 pria dan 18 wanita. Objek penelitian adalah pembelajaran bahasa Indonesia aspek menulis dengan menerapkan metode CIRC. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, berupa tes menulis karangan dan teknik nontes berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang berhasil dikumpulkan, dianalisis secara objektif dan kritis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan memberi penekanan perbandingan antara tindakan prasiklus, siklus I, dan siklus II. Indikator keberhasilan penelitian adalah 85% siswa mencapai nilai minimal sesuai KKM, yaitu 60 dan siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode CIRC dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VA SD Negeri Depok 1 Kabupaten Sleman. Keterampilan menulis siswa mengalami peningkatan setelah pelaksanaan tindakan siklus I dan siklus II. Ratarata keterampilan menulis siswa pada prasiklus hanya mencapai angka 59,1 (kategori kurang). Pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 64,8 (kategori cukup) dan pada siklus II meningkat menjadi 74,8 (kategori baik). Nilai rata-rata meningkat sebesar 15,7 dari prasiklus ke siklus II. Jumlah dan persentase siswa yang mencapai angka KKM pada prasiklus hanya 13 (43,3%). Pada siklus I menjadi 21 (70%) dan pada siklus II meningkat hingga terdapat 29 (96,7%) siswa yang mencapai angka KKM. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa penelitian tindakan kelas telah berhasil dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa dengan menerapkan metode CIRC.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 3 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2019 13:52
Last Modified: 22 Aug 2019 13:54
URI: http://repository.unika-weetebula.ac.id/id/eprint/20

Actions (login required)

View Item View Item